Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinya

Anda mungkin pernah mengalami masalah pada mata seperti mata kering? Kondisi ini sangat mengganggu penglihatan kita dalam beraktivitas. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Namun sebelum kita membahas cara mengatasi mata kering, terlebih dahulu kita akan bahas penyebab mata kering.

Mata kering biasanya terjadi ketika mata tidak menghasilkan air mata yang cukup, dan pada saat anda mengalami mata kering maka akan timbul gejala-gejala sebagai berikut:

  • Perih
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Sensasi kesat atau berpasir di dalam mata
  • Sensasi panas, menyengat, atau gatal di dalam mata
  • Seperti ada yang menyangkut di dalam mata
  • Kemerahan
  • Penglihatan kabur
  • Mata lelah dan berair
  • Lendir di dalam atau di sekitar mata

Apabila tidak segera diobati tentu akan semakin parah dan meyebabkan peradangan, nyeri dan bekas luka dikornea.

Apa yang menyebabkan mata kering?

Ada beberapa penyebab yang mungkin dapat membuat mata menjadi kering, antara lain sebagai berikut:

1. Hormon

Salah satu penyebab mata menjadi kering adalah hormon, hal ini biasanya lebih sering dialami wanita. Perubahan hormon pada wanita biasanya meningkatkan risiko mereka mengalami mata kering. Misalnya pada saat hamil ataupun menopause, hal ini karena hormon berpengaruh untuk merangsang produksi air mata

2. Proses penuaan

Ketika usia semakin bertambah tua, produksi air mata pun juga semakin menurun. Selain itu kelopak mata juga menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata ke seluruh permukaan mata. Inilah penyebab mengapa mata kering dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.

3. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan juga dapat menyebabkan efek mata menjadi kering, seperti antidepresan, dekongestan, antihistamin, Parkinson, atau obat-obatan hipertensi dan masih banyak lagi

4. Lingkungan dan aktivitas

Lingkungan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan mata kering, seperti debu, asap, matahari, angin, cuaca kering atau tiupan angin panas. Selain itu berada didepan layar komputer terlalu lama dapat membuat mata lelah dan kering.

5. Masalah pada struktur kelopak mata

Ektropi (pembalikan kelopak mata bagian dalam ke luar) dan entropi (kelopak mata luar yang masuk ke dalam) bisa menyebabkan mata menjadi kering dan teriritasi akibat lapisan air mata yang menguap dengan cepat setelah terkena kontak dengan udara luar terus menerus.

Bagaimana cara mengobati mata kering?

Untuk mengobati mata kering sebaiknya anda berkonsultasi dengan spesialis perawatan mata. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi mata kering:

  • Air mata buatan

Air mata buatan dapat anda gunakan sebagai pelumas perawatan mata pada saat anda mengalami mata kering. Air mata buatan dijual bebas dipasaran tanpa harus menggunakan resep dokter. Pilih air mata buatan yang cocok dan efektif untuk anda gunakan, karena mungkin ada beberapa merk yang tidak cocok untuk anda. Hindari menggunakan air mata buatan yang mengandung bahan pengawet karena dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut. bila anda memiliki mata kering kronis, disarankan untuk menggunakan air mata buatan bahkan di saat Anda merasa tidak ada masalah.

  • Obat tetes mata

Ada beberapa obat tetes mata yang mengandung bahan pengawet untuk mencegah bakteri berbahaya tumbuh di dalam botol obat. Jika gejala Anda mengharuskan Anda menggunakan tetes mata lebih dari enam kali sehari, sebaiknya gunakan tetes mata bebas pengawet. Hal ini penting terutama jika dokter telah memberi tahu Anda bahwa Anda memiliki gejala mata kering yang parah. Pengawet yang digunakan dalam jumlah besar atau selama periode waktu lama (bulan atau tahunan) dapat merusak sel-sel halus pada permukaan mata atau menyebabkan peradangan.

  • Pakai kacamata

Gunakan kacamata hitam yang memiliki perisai samping untuk membantu memperlambat penguapan air mata dari permukaan mata. Gunakan pembersih udara didalam ruangan untuk menyaring debu yang menyebabkan mata kering. Humidifier juga dapat membantu menambahkan kelembapan ke udara.

  • Minum air dan cukupi asupan gizi

Untuk mengurangi mata kering sebaiknya imbangi dengan minum air putih yang banyak dan juga konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak omega-3.

  • Jangan menggosok mata

Hindari menggosok mata terlalu keras, karena ini dapat memperburuk gejala mata kering. Selain itu kedipkan mata sesering mungkin pada saat anda membaca atau berada di depan layar komputer untuk menyebarkan air mata secara merata ke seluruh permukaan mata.

baca juga :

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata - Masrenteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*