Penyebab Batuk Kering dan Tenggorokan Gatal

Penyebab batuk kering ada bermacam – macam, dari mulai karena asma, alergi, terkena asap, debu, bahkan ada beberapa kasus yang tidak diketahui penyebab terjadinya batuk kering. Ciri-ciri batuk kering adalah tidak memiliki lender atau dahak. Batuk kering yang terlalu lama dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Terutama ketika malam hari, tentu batuk kering anda membuat anda susah tidur. Sehingga tidur malam anda menjadi tidak maksimal, dan ini bisa mempengaruhi kesehatan anda yang lain.

Selain anda berusaha melakukan pengobatan terhadap batuk kering yang anda alami, tentu anda juga ingin tahu penyebab dari batuk kering itu sendiri. Nah berikut ini kita akan membahas mengenai apa saja penyebab batuk kering dan tenggorokan gatal.

Apa saja penyebab batuk kering dan tenggorokan terasa gatal?

1. Asma

Penyebab batuk kering yang pertama adalah asma, penyakit asma dapat membuat saluran masuknya udara di pernapasan menjadi bengkak dan menyempit. Sehingga asma ini bisa berdampak pada munculnya batuk kering. Namun tidak semua orang yang mengidap asma dapat mengalami batuk kering. Berikut ini gejala asma selain batuk kering.

  • sesak napas
  • sesak atau sakit di dada
  • mengi
  • sulit tidur karena mengi atau batuk
  • serangan batuk kering
  • suara siulan sambil menghembuskan nafas

2. Infeksi virus

Jika seseorang terserang infeksi virus, maka biasanya akan mengalami pilek dan menyebabkan batuk berdahak. Ini biasanya berlangsung kurang lebih satu minggu, namun ada beberapa orang yang batuknya berubah menjadi batuk kering dari batuk berdahak. Hal ini bisa saja menandakan adanya iritasi pada saluran pernapasan, dan biasanya disebut dengan batuk pasca dingin.

3. Refluks asam

Ketika anda mengonsumsi makanan pedas, jumlah asam lambung biasanya menjadi meningkat. Bahkan ada beberapa kasus, asam mengalami refluks atau naik ke tenggorokan. Itulah salah satu penyebab dari batuk kering.

4. Penyebab lain dari batuk kering

  • Kondisi psikologis. Ketika seseorang mengalami batuk yang berlangsung lama dan bisa menjadi kebiasaan. Bahkan seringkali orang itu tidak menyadari bahwa dia batuk. Ciri batuk jenis ini adalah ia hilang ketika seseorang tertidur.
  • Efek samping obat. Ada beberapa obat-obatan yang dapat menyebabkan batuk kering, misalnya obat untuk tekanan darah tinggi
  • Penyakit serius. Batuk kering bisa jadi penyebab dari penyakit serius seperti kanker, gagal jantung, sampai radang paru-paru. Biasanya batuk kering juga diikuti dengan berbagai gejala lain seperti napas pendek, pandangan kabur, tubuh membengkak, dan kondisi mengkhawatirkan lainnya.
  • Stress. Ketika seseorang mengalami stress dan berada dalam situasi yang menegangkan, orang menjadi batuk-batuk.
  • Reaksi alergi
    Batuk kering juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Biasanya batuk diikuti dengan kondisi tenggorokan gatal, dan mata yang memerah atau iritasi. Coba temukan pemicu alergi jika ingin menghentikan batuk kering yang dialami.

baca juga :

1 Trackback / Pingback

  1. 6 Penyebab Kulit Menjadi Kering Dan Kusam - Masrenteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*