Mengapa Kita Merasa Sangat Lelah

Jika anda merasa malas untuk bangun dari tempat tidur atau merasa selalu ingin tidur siang walaupun sudah pukul 3 sore, ini saatnya untuk meningkatkan energi anda. Ahli diet Brooke Longfield menunjukkan caranya.

Pernahkah anda merasa seperti kosong? Kamu tidak sendiri!

Meskipun kadang-kadang tidak biasa untuk merasa kelelahan, terutama ketika kita berada pada masa-masa yang penuh dengan tekanan, kelelahan ekstrim atau tidak sehat.

Tingkat energi yang rendah dapat dipengaruhi oleh apa yang anda makan dan minum, kualitas tidur dan jumlah istirahat yang kurang cukup. Ketika anda sudah terbiasa dengan aktivitas sibuk, dan sering mengonsumsi makanan serta minuman yang tidak sehat, hal ini memang agak sulit untuk dihilangkan. Semua ini dapat mendatangkan malapetaka bagi tingkat energi anda.

Baca Juga : Efek menatap layar komputer terlalu lama

Memang tidak mudah untuk memperbaiki dengan cepat

Jika anda merasa lelah dan perlu dorongan, anda mungkin akan mengonsumsi minuman energi atau cemilan manis. Bahkan minum kopi empat sampai lima kali untuk menghilangkan rasa lelah.

Namun, cara ini malah bisa menambah masalah anda, seperti memicu siklus kelelahan, dan juga mempengaruhi kenaikan berat badan anda.

Sebaiknya kita mencari penyebab rendahnya energi daripada hanya menutupinya dengan minum secangkir kopi.

Berikut beberapa factor yang perlu diperhatikan:

  • Penyebab medis, keletihan yang berlebihan mungkin disebabkan oleh timbulnya suatu penyakit.
  • Gaya hidup, kelebihan asupan kafein atau alkohol, pola makan yang kurang baik, kurangnya olahraga yang teratur juga dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah.
  • Pekerjaan diakui sebagai penyebab utama kelelahan
  • Stress emosional kelelahan bisa menjadi gejala umum bagi orang-orang yang mengatasi masalah kesehatan mental seperti depresi dan kesedihan.

Untuk membantu anda, kami telah menggali secara lebih dalam tujuh gejala kesehatan umum serta cara mengatasinya;

  1. Anda mengalami dehidrasi

Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting bagi tubuh anda agar tetap bisa bekerja dengan sebaik-baiknya dan dapat membuat perasaan jauh lebih baik.

Jumlah cairan yang diperlukan setiap orang itu berbeda-beda tergantung dari banyaknya jumlah keringat yang dikeluarkan, tempat bekerja diluar ruangan atau dikantor yang ber-AC.

Cara mengatasi:

Minum enam sampai delapan gelas air putih sehari. Air adalah minuman terbaik, jadi bawalah sebotol air kemanapun anda pergi atau sediakan gelas dimeja anda agar anda tetap ingat untuk minum air. Biasakan mencatat berapa kali anda minum air sehari. Jika anda merasa bosan untuk minum air, anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan anda.

2. Anda tidak mengonsumsi karbohidrat yang cukup

Karbohidrat adalah preferensi pertama tubuh anda untuk menghasilakn energi, seperti roti, sereal, kentang, biji-bijian, beras, pasta, dan buah di setiap makanan utama. Jika anda mengurangi karbohidrat , kemungkinan anda akan merasa lelah tetapi tidak semua karbohidrat itu sama. Agar energi tetap stabil, makan karbohidrat indeks glikemik rendah (GI) yang dicerna perlahan. Ini disebut karbohidrat kompleks dan termasuk makanan berserat tinggi seperti roti gandum, beras merah, lentil dan kacang, serta pasta wholemeal.

3. Anda duduk terlalu lama

Banyak dari kita yang menghabiskan berjam-jam setiap hari duduk ditempat kerja dan ketika pulang kerumah melakukan hal yang sama. Duduk untuk waktu yang lama di meja anda bukan hanya tidak baik bagi kesehatan tetapi juga menguras energi besar dan melelahkan mental. Berdiri dari meja anda setiap 30 menit membantu agar darah anda bersikulasi melalui tubuh anda dan akan mengirim lebih banyak oksigen ke otak anda, yang meningkatkan kewaspadaan dan membantu anda berkonsentrasi.

Cara mengatasi :

Berjalan dibawah sinar matahari siang. Tahukah anda bahwa memaparkan mata anda di siang hari membantu mengatur hormon yang mempengaruhi suasana hati anda dan tidur yang nyenyak untuk anda? Nikmati makan siang anda sambil beristirahat, untuk meningkatkan energi anda pada sore hari.

4. Anda sering melewatkan waktu makan

Ada banyak teori mengenai jumlah dan waktu ideal untuk makan dalam sehari. Yang penting adalah makan secara teratur agar tingkat energi anda stabil, mungkin 3 kali makan dan 1 atau 2 kali cemilan. Bisa juga 4 kali makan dengan ukuran sedang. Kuncinya adalah makan makanan seimbang yang sehat disiang hari tanpa bergantung pada makanan ringan dan minuman bergizi rendah gula serta jangan lupa tidur dan olahraga yang teratur.

Cara mengatasi :

Nikmati sarapan yang seimbang, awal yang baik untuk sarapan pagi dibawah jam 09.00. cobalah telur rebus dengan roti panggang, muesli dengan dengan susu atau smoothie buah berbasis yoghurt.

5. Anda terlalu banyak minum kopi

Kopi memang bisa memberikan anda stamina yang cepat , tapi akhirnya akan membuat anda merasa lebih lelah, terutama jika itu mengganggutidur anda. Kafein tetap berada di tubuh anda dalam waktu yang lama. Anda masih memiliki setengah kafein dalam tubuh anda enam jam setelah minum secangkir kopi.

Ini berarti ketika anda pergi tidur, masih ada kafein di dalam tubuh anda, ini tidak akan menghentikan anda untuk tidur, tetapi mungkin akan menghentikan anda untuk tidur nyenyak yang anda butuhkan untuk merasa benar-benar beristirahat.

Cara mengatasi:

Tukar kopi sore anda dengan the herbal. Jika kafein mempengaruhi tidur anda, usahakan untuk minum kopi atau teh di pagi hari sehingga sebagian besar kafein yang didalam tubuh sudah bersih sebelum anda tidur.

6. Anda memiliki kondisi medis

Jika kelelahan merupakan masalah besar bagi anda, jangan anda dibiarkan segera kunjungi dokter anda. Alasan lain yang menyebabkan kelelahan ekstrim yang mungkin perlu diselidiki oleh dokter Antara lain:

Penyakit celiac, ini mempengaruhi sekitar satu dari 70 orang. Penyakit ini terjadi pada kerusakan usus karena makan gluten. Akibatnya tubuh tidak mampu menyerap banyak nutrisi dalam makanan, seperti zat besi, yang menyebabkan kelelahan ekstrim.

Diabetes, memiliki kadar gula tinggi dapat menyebabkan kelelahan ekstrim dan merupakan gejala umum diabetes yang tidak terdiagnosa.

Kekurangan zat besi, tidak cukup zat besi berarti sel-sel anda tidak mendapat cukup oksigen yang menyebabkan kelelahan. Wanita muda memiliki resiko kekurangan zat besi terbesar, jadi usahakan konsumsi daging merah tanpa lemak, makanan laut, kacang polong dan sayuran hijau.

Sindrom kelelahan kronis, kelelahan yang terus menerus ini tidak hilang, bahkan dengan tidur atau istirahat. Penyebabnya tidak diketahui tetapi infeksi virus, masalah sistem kekebalan tubuh dan ketidakseimbangan hormon.

Tiroid kurang aktif, ini berarti tubuh anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroiddan itu dapat menyebabkan anda merasa sangat lelah. Sebagian orang juga ada mengalami kenaikan berat badan.

7. Anda tidak cukup tidur

Bagi orang yang merasa rendah energi, salah satu masalah terbesar adalah tidur yang kurang memadai. Kebanyakan orang membutuhkan setidaknya tujuh jam kualitas tidur setiap malam. Tidur yang berkualitas juga menjadi kunci untuk menjaga berat badan sehat.

Cara mengatasi:

kurangi mata anda agar tidak terlalu lama didepan layar seperti TV, laptop dan telepon yang dapat menggangu hormone melatonin yang mempengaruhi tidur. Temukan cara untuk bersantai dan memperlambat pikiran anda.

Makanan yang dapat meningkatkan energi anda:

  • Kurma kaya akan karbohidrat dan vitamin C untuk kekebalan
  • Telur penuh dengan protein dan nutrisi
  • Pisang sumber karbohidrat yang cepat, vitamin B dan serat
  • Wholegrain bread sumber karbohidrat rendah GI yang bagus
  • Kacang-kacangan penuh dengan serat, protein, lemak sehat dan magnesium
  • Kacang dan lentil sempurna untuk energi yang tahan lama
  • Sayuran hijau daun dalam asam folat dan vitamin B melawan kelelahan
  • Daging merah tanpa lemak diisi dengan zat besi yang memberi energi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*