Ciri – ciri Gejala Dari Demam Berdarah

Salah satu virus penyebab demam berdarah (DBD) adalah melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rendahnya kadar trombosit atau keeping-keping darah dalam tubuh.

Berikut ini ada beberapa gejala yang merupakan ciri-ciri dari demam berdarah, yuk kita simak penjelasannya.

  • Demam Tinggi

Apabila terkena demam berdarah, salah satu gejala yang mungkin terjadi adalah demam tinggi. Demam tinggi terjadi sebagai indikasi masuknya virus kedalam tubuh. Demam tersebut merupakan salah satu mekanisme kekebalan tubuh untuk melawan infeksi pathogen.

Pada demam berdarah fase demam biasanya dikenal dengan fase pelana kuda, yang artinya deman yang selalu naik turun. Tubuh akan secara otomatis meningkatkan suhu tubuh ke arah maksimal yang bertujuan untuk membunuh bakteri atau virus pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

baca juga : Cara Cepat untuk Menurunkan Demam Anak di Malam Hari

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Secara Alami

  • Mual dan Muntah

Selain demam tinggi, gejala selanjutnya adalah mual dan muntah. Ketika virus DBD menyerang tubuh, secara otomatis lambung akan memproduksi asam lambung yang lebih banyak. Hal ini terjadi sebagi bentuk respon terhadap kekebalan tubuh.

Naiknya asam lambung menyebabkan timbulnya rasa mual dan ingin muntah secara terus menerus. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi virus dengue (nausea) yang masuk ke dalam tubuh..

  • Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu gejala demam berdarah. Pada demam berdarah sakit kepala biasanya akan terasa berat dan terjadi terus menerus khususnya pada infeksi virus dengue. Jadi dalam hal ini, tidak semua jenis sakit kepala bisa dikatakan gejala demam berdarah. Namun kita tetap harus waspada dengan gejala demam berdarah apabila mengalami sakit kepala yang terus menerus.

  • Sakit Perut

Orang yang mengalami demam berdarah biasanya mengalami gejala sakit perut, hal ini disebabkan oleh luka karena infeksi pada ulu hati. Pada demam berdarah sebelum mengalami pendarahan, penderita akan mengalami sakit perut yang hebat.

  • Nyeri Otot

Selain gejala diatas, penyakit demam berdarah juga memiliki gejala nyeri otot. Ketika tubuh terinfeksi virus dengue, sistem kekebala akan menghasilkan histamin, cytokine dan protein lainnya yang dapat menangkal dan juga mengalahkan infeksi virus tersebut. Nyeri otot disebabkan karena kadar protein yang dikeluarkan tubuh terlalu tinggi.

Demikianlah beberapa gejala yang biasanya terjadi apabila mengalami penyakit demam berdarah. Yang terpenting hindari penularannya yang biasanya terjadi melalui gigitan nyamuk. Anda bisa mencegah mulai dari kebersihan diri dan lingkungan. Singkirkan genangan air yang ada di sekitar rumah, gunakan losion anti serangga, gunakan kelambu untuk menutupi ranjang tidur agar terhindar dari gigitan nyamuk.

 

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mudah Mencegah Demam Berdarah - Masrenteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*