Cara Merawat Rambut Rontok

Merawat rambut rontok sebenarnya tidak boleh sembarangan, Karena perawatan rambut itu harus disesuaikan dengan masalah penyebab kerontokan tersebut. Biasanya rambut rontok disebabakan oleh faktor genetik, rambut akan rontok ketika menginjak dewasa. Namun rambut rontok pada wanita tidak seperti pria yang akan mengalami kebotakan, tetapi akan mengalami penipisan rambut.

Selain itu rambut rontok juga disebabkan karena tidak seimbangnya hormon dan juga kekurangan nutrisi seperti misalnya protein. Bahkan bisa juga disebabkan karena perawatan rambut yang kurang tepat. Maka dari itu harus diperhatikan cara merawat rambut yang tepat,berdasarkan penyebab kerontokannya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan rambut :

Nutrisi

Rambut juga memerlukan nutrisi, jika rambut mengalami kekurangan nutrisi akan berdampak rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Protein merupakan salah satu zat yang diperlukan rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut. Untuk itu kita memerlukan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Seperti 2-3 porsi daging per hari atau 4-5 porsi protein yang meliputi susu dan kacang-kacangan. Di samping itu untuk menyehatkan kulit kepala serta mengurangi peradangan konsumsi juga asam lemak omega-3.

Zinc dan biotin kedua zat ini membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut mengalami kerapuhan dan penipisan. Perhatikan juga kecukupan zat besi anda agar terhindar dari kerontokan rambut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Penataan rambut

Penataan rambut juga dapat menyebabkan kerontokan rambut seperti pemakaian besi pencatok, papan pengeriting atau pengering rambut serta mengikat rambut yang terlalu kencang. Karena sering menata rambut dengan alat bisa menyebabkan rambut menjadi tipis dan rontok. Perlakukan rambut anda dengan lembut, sehingga terhindar dari kerontokan rambut.

Mengontrol stres

Stres yang berlebihan menyebabkan kerontokan rambut,atau mungkin rambut rontok yang menyebabkan anda stress. Jika rambut anda rontok sekitar seratus helai per hari, itu termasuk dalam batas normal anda tidak perlu panik karena dapat menimbulkan anda menjadi stres. Usahakan untuk bisa mengontrol stres.

Selain cara di atas, kita bisa juga merawat rambut rontok dengan obat-obatan. Jika penyebab kerontokan rambut tersebut karena penyakit, maka penyakit tersebut harus diobati terlebih dahulu. Ada bebepara obat yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok seperti :

Minoxidil

Obat ini berupa cairan yang digunakan dengan cara digosokkan di kulit kepala sebanyak dua kali sehari. Obat ini juga disebut rogaine, fungsinya untuk mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut. Apabila dipakai secara teratur rambut akan mulai tumbuh dan rontok pun berkurang. Efek samping obat ini kemungkinan terjadi iritasi kulit kepala, rambut tumbuh ditempat yang tidak diinginkan seperti di tempat dekat wajah, dan juga mengalami debar jantung yang cepat. Obat ini akan berefek pada minggu ke -16, obat ini dapat digunakan pria dan juga wanita.

Finasteride

Obat ini berbentuk pil dan hanya dianjurka untuk pria, obat ini juga disebut propecia. Obat ini berfungsi untuk memperlambat kerontokan bahkan ada yang mengalami pertumbuhan rambut baru. Efek sampingnya dapat menurunkan fungsi seksualitas, meningkatkan risiko kanker prostat dan juga kurangnya gairah seks.

Untuk mengetahui penyebab kerontokan rambut, sebaikanya konsultasikan ke dokter. Sehingga dapat menentukan cara perawatan rambut yang tepat.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini