Cara Merawat Rambut Bercabang dan Kering

Rambut bercabang adalah suatu tanda bahwa rambut anda tidak sehat. Hal ini tentu membuat anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Anda tentu ingin memiliki rambut yang indah dan juga sehat.

Nah berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi rambut bercabang. Namun sebelum itu kita cari tahu dulu, apa saja sih penyebab rambut menjadi bercabang? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Utama Rambut Bercabang

  • Cuaca. Penyebab pertama yang dapat membuat rambut bercabang adalah cuaca yang panas. Ketika rambut anda terlalu sering terkena sinar matahari dan anda jarang melakukan perawatan, ini yang dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang dan kering. Paparan sinar matahari mampu merusak lapisan luar rambut yang berfungsi melindungi rambut anda. Karena rusaknya lapisan tersebut, sehingga rambut anda menjadi rusak tidak terlindungi lagi.Hal ini bisa anda siasati dengan cara menggunakan topi atau paying ketika anda harus berada dibawah terik matahari. Sehingga anda bisa terhindar dari rambut bercabang.
  • Kebiasaan Buruk Memperlakukan Rambut. Cara memperlakukan rambut yang tidak kita sadari dapat menyebabkan rambut bercabang, seperti cara menyisir dan mengeringkan rambut setelah keramas yang salah sehingga membuat rambut mudah rusak dan bercabang. Menyisir rambut dengan cepat dan kasar ketika rambut anda kusut dan susah disisir dapat menyebabkan rambut rusak, sebaikanya sisir dengan pelan dan lembut.

Ketika selesai keramas mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosok menggunakan handuk, dapat menyebabkan rambut mudah rusak. Sebaiknya keringkan rambut menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk secara pelan sampai air yang menetes hilang.

  • Memakai Produk Kimia dan Alat Penata Rambut. Kebiasaan yang terlalu sering mengubah gaya rambut dengan bahan kimia dapat merusak rambut menjadi bercabang. Seperti menggunakan hair spray atau obat rebonding, imbangi dengan perawatan dan gunakan vitamin rambut.

Nah itu beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut bercabang, berikut kita simak cara mengatasi rambut bercabang dan kering.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Untuk mengatasi rambut yang bercabang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

1. Potong Ujung Rambut

Rambut bercabang pada bagian ujung rambut, karena rambut bagian ujung memiliki umur yang paling tua. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat memotong rambut.

  • Gunting rambut yang bercabang, hal ini juga bisa dilakukan untuk menghindari rambut menjadi bercabang.
  • Sebaiknya dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali jika kerusakannya parah.
  • Rambut yang di atas dan masih bagus bisa menggantikan rambut yang sudah rusak.
  • Tidak perlu terlalu panjang, sekitar ½ sampai 1 cm saja.

Dengan memotong rambut akan membantu rambut cepat panjang, jadi tidak perlu khawatir rambut tidak panjang karena sering dipotong.

2. Masker Telur

Telur ternyata memiliki manfaat yang baik bagi rambut, kandungan protein yang ada pada telor mampu mengobati rambut kering dan bercabang. Gunakan telur untuk masker rambut dengan dicampur dengan minyak almond, minyak zaitun, ataupun madu. Adapun langkah-langkah menggunakan masker telur:

  • Siapkan putih telur dan bahan yang sudah dipilih untuk dicampurkan
  • Campurkan bahan tersebut kemudian oleskan pada rambut dan pijat pelan-pelan.
  • Diamkan selama 30 – 60 menit, lalu bilas sampai bersih dengan menggunakan shampoo.
3. Alpukat

Selain telur, alpokat juga berkhasiat untuk merawat rambut agar tetap sehat. Anda bisa mencampurkan alpokat dengan minyak zaitun. Adapun caranya, hancurkan buah alpokat terlebih dahulu kemudian campur dengan minyak zaitun sampai rata. Basahi rambut anda dengan air, lalu oleskan campuran tersebut. Diamkan beberapa saat sampai nutrisinya meresap ke rambut, kemudian cuci rambut anda dengan shampoo sampai bersih.

Lakukan perawatan ini  secara rutin agar khasiatnya bisa lebih baik. Oleh karena alpukat memiliki banyak zat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Lakukan secara rutin untuk membantu mengatasi segala jenis masalah rambut.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan rambut bercabang. Lidah buaya memiliki banyak kandungan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh seperti asam amino, mineral, enzim, sterol, gula, salisilat, antrakuinon, dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Caranya kupas lidah buaya dan ambil gelnya, kemudian oleskan pada rambut sampai rata. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering, lalu bilas sampai bersih menggunakan shampo.

5. Minyak Kemiri

Untuk mendapatkan minyak kemiri, kita dapat membuatnya sendiri. Caranya kemiri di sangrai atau dibakar lalu kupas kulitnya dan tumpuk sampai halus. Sehingga keluar minyaknya atau bisa juga membeli minyak kemiri yang sudah jadi. Untuk menghilangkan rambut bercabang, oleskan minyak kemiri pada rambut sambal dipijat. Diamkan selama 60 menit lalu bilas, lakukan secara rutin.

7. Pepaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata pepaya juga memiliki nutrisi yang berkhasiat untuk menghilangkan rambut bercabang. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Haluskan pepaya dan campurkan dengan yoghurt lalu aduk rata
  • Oleskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat agar pepaya tidak menempel pada rambut.

Selain untuk menghilangkan rambut bercabang, pepaya juga memiliki manfaat untuk menguatkan akar rambut, menghitamkan rambut, sebagai kondisioner rambut, mengatasi ketombe, mengatasi rambut rontok, dan membuat pertumbuhan rambut jadi lebih baik.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut bercabang, semoga bermanfaat!

baca juga :

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 9 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut - Masrenteng.com
  2. Cara Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan - Masrenteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*