Cara menghilangkan rasa nyeri saat haid

Wanita dewasa hampir sebagian merasakan nyeri pada saat haid. Namun setiap wanita pasti memiliki rasa nyeri yang berbeda, bahkan ada yang tidak merasakan nyeri.

Pada saat menstruasi datang, maka mungkin akan muncul beberapa gejala antara lain : kelelahan, merasa pusing, perut kembung, depresi, nyeri perut bagian bawah, dan payudara terasa nyeri dan bengkak.

Baca Juga : Penyebab timbulnya flek hitam diwajah

Dari gejala diatas, kita akan bahas mengenai cara menghilangkan rasa nyeri haid. Karena ini biasanya yang paling membuat kita tidak nyaman pada saat haid. Adapun cara- cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri haid antara lain :

  • Olahraga dengan teratur

Untuk mengatasi rasa nyeri dapat dilakukan dengan cara berolahraga ringan seperti berjalan, berenang atau bersepeda. Namun apabila tidak kuat jangan dipaksakan, lakukan saja sebisanya.

  • Membaringkan badan

Berbaringlah di kasur atau di sofa untuk mengurangi rasa nyeri, gunakan bantal di bawah lutut untuk menyangganya. Ambil nafas panjang lalu hempaskan. Ini dapat dilakukan secara berulang hingga anda merasa nyaman dan rasa nyeri pun berkurang.

  • Kompres dengan air hangat

Caranya air hangat dimasukkan ke dalam botol kemudian kompres pada bagian perut yang merasa nyeri. Sehingga perut akan merasa rileks.

  • Makanan sehat

Banyaklah mengonsumsi sayur dan buah yang beraneka ragam, serta makanan lain yang mengandung banyak protein nabati. Karena dipercaya omega 3, asam lemak, vitamin E, vitamin B6 dan B1, serta magnesium mampu mengurangi rasa nyeri haid.

  • Lakukan relaksasi

Relaksasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dari masalah yang dapat menambah rasa nyeri di perut. Anda juga bisa melakukan kegiatan yoga untuk mengalihkan rasa sakit haid, lakukan juga pijatan kecil pada perut untuk membantu mengurangi rasa nyeri.

  • Mandi dengan air hangat

Gunakan air hangat pada saat anda mandi selama anda haid, ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan tubuh menjadi terasa rileks.

  • Minum jamu

Cara lain bisa dengan minum jamu tradisional , hal ini dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri haid. Anda bisa membeli atau membuat sendiri jamu tradisional. Adapun bahan-bahannya : 20 gram kunyit, 15 sampai 30 gram daun dewa dengan dicampur 600 cc air. Rebus ketiga bahan tersebut, lalu saring kemudian minum.

  • Konsultasi ke dokter

Apabila nyeri yang dirasakan tidak dapat diatasi dengan cara di atas anda bisa konsultasikan ke dokter. Sehingga nyeri yang anda rasakan dapat penanganan yang tepat , karena meskipun setiap wanita merasa nyeri saat haid, tapi kalau rasa nyeri yang anda rasa terlalu berlebihan maka harus segera ditangani.

Untuk teman-teman yang wanita yang mengalami rasa nyeri saat haid semoga cara di atas dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Semoga bermanfaat ya dan sehat selalu !

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini