Cara Membersihkan Kulit Yang Berminyak

Jenis kulit berbeda-beda, ada yang jenis kulitnya kering, normal, dan berminyak. Cara perawatannya tentu berbeda. Nah berikut ini kita akan membahas tentang kulit berminyak. Kulit berminyak biasanya cenderung mengalami jerawat apabila perawatan yang dilakukan kurang tepat.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan kulit berminyak, sehingga kulit anda tetap sehat dan tidak kusam ataupun berjerawat.

  • Cari tahu dulu kalau kulit anda memang berminyak

Sebelum memilih cara untuk membersihkan kulit berminyak, sebaiknya cari tahu jenis kulit anda secara pasti. Agar anda tidak rugi melakukan perawatan kulit berminyak, kalau ternyata kulit anda tidak berminyak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas beda jenis kulit, beda juga cara perawatannya.

Cara untuk menentukan jenis kulit anda, apakah berminyak atau tidak. Biasanya kalau kulit berminyak, saat anda membersihkan wajah tisu yang anda gunakan akan menyerap minyak setiap anda membersihkan wajah. Namun untuk lebih jelas tentang jenis kulit anda sebaiknya anda langsung konsultasikan kedokter.

Nah berikut ini ada beberapa tanda yang menunjukkan jenis kulit berminyak.

  1. Pori-pori yang besar dan terlihat jelas
  2. Daerah T yang mengilap (area yang memanjang di antara dahi dan hidung Anda)
  3. Noda, komedo, dan jerawat yang timbul secara rutin
  • Pilih pembersih yang paling cocok

Untuk jenis kulit berminyak, anda sebaiknya pilih pembersih yang cocok dengan kulit anda. Gunakan pembersih yang tidak mengandung minyak yang dapat memperparah minyak di kulit anda. Selain itu hindari juga pembersih yang mengandung scrub dan beraroma, karena mungkin saja mengandung bahan yang tidak cocok dengan kulit anda.

  • Suhu air yang tepat

Suhu air yang tepat digunakan untuk kulit berminyak adalah air dengan suhu hangat atau suam-suam kuku. Sebaiknya untuk membersihkan wajah lakukan 2-3 hari sehari. Karena terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga memberikan sinyal pada kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Pada saat membersihkan wajah lakukan pemijatan dengan lembut menggunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid selama 30 detik lalu bersihkan dengan air hangat. Sebaiknya jangan menggunakan air yang panas karena dapat membuat kulit menjadi terlalu kering.

  • Penting untuk menggunakan toner

Untuk kulit yang berminyak ini dapat menggunakan toner yang mengandung alkohol. Toner bermanfaat untuk menurunkan kadar pH kulit dan membersihkan debu atau minyak yang tidak bisa dibersihkan oleh sabun wajah biasa.

  • Gunakan pelembap secukupnya saja

Pelembab wajah biasanya digunakan untuk kulit kering, sedangkan untuk kulit berminyak tidak terlalu memerlukan pelembab kulit. Gunakan saja pelembab yang tidak mengandung lipid, lilin, dan minyak. Bila anda memiliki jenis kulit kombinasi dengan minyak di area T, Anda mungkin harus menggunakan pelembap untuk menyeimbangkan daerah yang kering dan berminyak.

  • Gunakan masker lumpur

Untuk mengurangi minyak gunakan masker lumpur kurang lebih seminggu sekali. Masker lumpur juga dapat menyamarkan penampakan pori-pori yang besar, mengangkat sel kulit mati dan kotoran atau debu yang bertumpukan. Masker lumpur lebih banyak mengandung bahan alami daripada bahan kimia sehingga terasa lebih lembut dikulit.

  • Hindari perawatan yang tidak perlu

Jika anda memiliki kulit berminyak, tentu anda akan melakukan banyak jenis perawatan untuk menghilangkan minyak dikulit. Misalnya dengan melakukan facial dan mikrodermabrasi, hal ini tidak terlalu membantu untuk menyelesaikan masalah kulit berminyak.

  • Lakukan eksfoliasi secara rutin

Dengan melakukan eksfoliasi ini dapat membantu untuk menghilangkan sel kulit mati yang menutup pori-pori. Anda bisa lakukan eksfoliasi dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak namun tidak berjerawat, anda bisa mencuci wajah dengan bahan yang mengandung oatmeal. Sebaiknya lakukan ini seminggu sekali karena didalamnya mengandung scrub dan microbead.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kulit berminyak. Namun apabila langkah-langkah diatas tidak dapat membantu masalah kulit berminyak anda, sebaiknya anda konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

baca juga :

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Menebalkan Alis dengan Bahan Alami - Masrenteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*