Cara Hindari Efek Buruk Berdiri Terlalu Lama

Mungkin selama ini kita beranggapan bahwa berdiri itu lebih sehat daripada duduk. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Bahkan berdiri terlalu lama dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Terutama bagi anda yang pekerjaannya menuntut anda untuk berdiri dalam waktu lama. Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa berdiri terlalu lama akan membuat otot tubuh bekerja terus-menerus. Sehingga membuat pasokan energi yang dikirimkan oleh pembuluh darah tidak seimbang dengan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, otot juga menghasilkan zat asam laktat, nah zat inilah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit karena akan penumpuk secara terus-menerus.

Baca Juga : Cara menghilangkan rasa nyeri saat haid

Mungkin anda penasaran, masalah kesehatan apa saja yang ditimbulkan akibat berdiri terlalu lama. Nah berikut penjelasannya:

  • Nyeri otot

Anda mungkin pernah merasakan nyeri pada otot, otot akan mengalami kekakuan sehingga menyebabkan terjadinya penghambatan darah ke bagian tubuh tertentu. Ketika kita berdiri terlalu lama, bagian tubuh yang berfungsi untuk menopang tubuh saat berdiri seperti otot punggung, kaki, dan leher dan biasanya akan merasa nyeri.

  • Nyeri sendi

Berdiri yang terlalu lama juga bisa mengakibatkan gangguan pada persendian. Hal ini dapat menyebabkan nyeri sendi atau nyeri panggul, karena sendi yang tidak dapat bekerja secara optimal.

  • Varises

Kaki digunakan untuk menopang badan kita pada saat berdiri. Apabila kita berdiri terlalu lama, ini akan memicu terjadinya varises karena darah yang mengalir ke kaki kita dalam jangka waktu tertentu akan mengalami proses peradangan.

  • Penyakit jantung

Orang yang bekerja dengan terlalu banyak posisi berdiri, ini akan cenderung memiliki resiko penyakit jantung. Hal ini diterbitkan berdasarkan hasil penelitian di American Journal of Epidemiology.

Cara mencegah dampak buruk berdidi terlalu lama

Dari penjelasan di atas sudah dapat diketahui dampak buruk dari berdiri yang terlalu lama. Hal ini ternyata bisa diturunkan resikonya dengan melakukan tips – tips berikut ini :

  • Posisi kaki dirubah secara berkala

Ketika berdiri hindari menempatkan kaki pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama, ubahlah posisi kaki secara berkala kedepan kebelakang, kekiri kekanan seperti kita sedang berjalan. Hal ini dapat membantu memperlancar aliran darah ke kaki.

  • Banyak duduk ketika beristirahat

Sebagian besar waktu bekerja dengan posisi berdiri memang sangat melelahkan, maka dari itu ketika anda beristirahat pergunakanlah waktu istirahat anda dengan duduk. Kemudian lakukan juga gerakan peregangan kaki supaya peredaran darah berjalan lancar. Kegiatan ini terbukti bisa mencegah peradangan jaringan ikat yang menutup bagian bawah kaki. Selain itu posisikan kaki anda setinggi 15 cm.

  • Pilihlah alas kaki yang tepat

Alas kaki juga bisa menyebabkan gangguan peredaran darah di kaki, hindari memakai alas kaki yang terlalu sempit atau memiliki hak terlalu tinggi. Pilihlah alas kaki yang ukurannya lebih besar dan bagian ujung tidak mengerucut agar nyaman di kaki ketika dipakai.

  • Kurangi berat badan

Kita harus menjaga berat badan agar tetap ideal, jadi bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebihan lakukan olahraga dan pola diet sehat. Karena ketika kita berdiri kaki harus menopang seluruh badan kita. Hal ini dapat memperkecil masalah kesehatan akibat dari berdiri terlalu lama. Jika anda memiliki berat badan lebih maka beban yang ditanggung kaki jadi lebih berat.

Semoga cara diatas dapat membantu anda untuk mengatasi masalah kesehatan anda akibat berdiri terlalu lama. Keempat cara itu dapat diterapkan untuk hidup sehat dan jangan lupa selalu mengonsumsi makanan sehat serta olahraga dan istirahat yang cukup.

 

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mengatasi Nyeri Punggung Secara Alami - Masrenteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*