Cara Efekti Memelihara Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita

Menjaga kesehatan kandung kemih sangat penting terutama bagi para wanita, karena wanita biasanya lebih mudah terkena infeksi saluran kencing daripada pria. Mungkin selama ini kita kurang memperhatikan kesehatan kandung kemih. Nah berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kandung kemih.

Cara menjaga kesehatan kandung kemih bagi wanita

Kandung kemih juga memerlukan perawatan, sama seperti organ lain. Sebab bila kita tidak merawatnya kemungkinan bakteri yang berhasil masuk ke uretra dapat menyebabkan saluran kencing terkena infeksi. Bahkan kalau dibiarkan bisa terus ke ginjal, nah kalau sudah begitu tentu akan muncul suatu penyakit. Nah untuk mencegah hal itu, kita bisa lakukan cara pencegahannya.

1. Hindari kebiasaan menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil dapat menyebabkan infeksi, karena buang air kecil dapat membantu untuk mengeluarkan bakteri. Bila anda menahan buang air kecil, maka bakteri yang harusnya dibuang akan kembali naik ke kandung kemih. Terutama pada wanita, bila anda ingin buang air kecil cepatlah ke kamar mandi. Selain itu apabila anda membersihkan organ intim anda, mulailah membersihkannya dari depan ke belakang agar bakteri yang ada di anus tidak pindah ke uretra.

2. Jaga berat badan

Berat badan yang berlebihan ternyata dapat beresiko untuk susah menahan buang air kecil (Inkontinensia urin). Apabila Berat badan anda terus bertambah, hal ini dapat menyebabkan timbunan lemak yang ada dalam tubuh akan terus menekan kandung kemih. Sehingga membuat anda susah untuk menahan buang air kecil.

Banyak hal yang dapat dilakukan agar bisa menjaga berat badan selalu ideal, mulai dari pola makan, jenis makanan, dan juga olahraga yang teratur.

3. Menghindari makanan asam

Gangguan kandung kemih ternyata juga bisa disebabkan dari makanan yang asam seperti es jeruk atau tomat. Maka dari itu kurangilah makan makanan yang asam, agar dapat mengurangi frekuensi buang airt kecil yang berlebihan.

4. Minum air putih yang banyak

Dengan minum air putih yang banyak, ini dapat membantu untuk membersihkan bakteri-bakteri yang ada di kandung kemih dan keluar Bersama urine. Dengan demikian kandung kemih akan terhindar dari infeksi dan tetap sehat.

Usahan minum air sebanyak 8 gelas per hari, karena selain membantu membersihkan bakteri dengan minum air juga dapat menghindari terjadinya dehidrasi. Hindari minuman yang alkohol, kopi, teh, soda, dan minuman kafein lainnya.

5. Senam Kegel

Lakukan senam kagel secara teratur, hal ini dapat menjaga kesehatan kandung kemih. Selain itu senam kegel juga bermanfaat untuk menguatkan otot panggul yang berfungsi untuk menopang organ -organ di area tersebut. Untuk melakukan senam kagel berikut cara dan gerakannya :

  • Ambil posisi berbaring, lalu kencangkan otot panggul bawah seperti anda sedang menahan buang air kecil, tahan selama 5 detik.
  • Setelah itu rilekskan otot panggul selama 5 detik
  • Ulangi gerakan pertama dan kedua berturut-turut sebanyak 4-5 kali, bila sudah terbiasa anda bisa menambah waktu yang awalnya 5 detik menjadi 10 detik.

baca juga : http://cara menghilangkan rasa nyeri saat haid

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mencegah Dan Mengobati Batuk Dan Dingin Selama Kehamilan - Masrenteng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*