Cara Alami Untuk Mengobati Batuk kering

Batuk ada dua jenis, ada batuk berdahak dan ada batuk kering, karena jenis batuknya berbeda tentu cara pengobatannya juga berbeda. Nah berikut ini kita akan membahas tentang bahan dan cara pengobatan untuk batuk kering.

1. Air garam

Dengan berkumur dengan air garam, ini dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang menjadi penyebab batuk. Caranya campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan 250ml air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Cara ini tidak dianjurkan untuk anak-anak yang bibawah enam tahun, karena mereka belum tahu cara berkumur yang baik.

2. Madu

Madu dipercaya dapat mengobati batuk kering, dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk kering lebih efektif daripada obat yang mengandung dextromethorphan. Cukup dengan mencampur 2 sendok madu dengan lemon ke dalam air hangat, kemudian minum. Sehingga tenggorokan anda akan merasa nyaman.

3. Teh lada hitam

Ternyata lada hitam juga bisa digunakan sebagai obat batuk kering, lada hitam memiliki kandungan zat yang dapat merangsang sirkulasi udara dan aliran lendir di postnasal drip menjadi tertahan dan tidak masuk ke tenggorokan. Caranya sediakan 1 sendok teh lada hitam yang sudah ditumbuk dan 2 sendok makan madu kedalam cangkir. Kemudian tuangkan air panas ke dalam cangkir, namun sebelum diminum tutup terlebih dahulu selama 15 menit.

4. Minum air putih yang banyak

Selain mengonsumsi obat batuk, baik itu obat batuk tradisional maupun obat batuk kimia. Yang terpenting adalah anda minum air putih yang banyak, ini dapat membantu anda untuk meredakan gatal di tenggorokan. Minumlah air putih sebanyak 2 gelas setiap 2 jam sekali.

5. Gunakan alat pelembap udara (humidfier)

Ketika anda mengalami batuk kering, anda perlu menghirup udara yang lembab. Nah humidifier dapat membantu anda untuk melembabkan udara disekitar anda. Udara lembab yang anda hirup, dapat membantu anda untuk mengatasi batuk kering karena saluran pernapasan anda akan semakin lancar.

6. Bawang putih mentah

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membunuh mikroorganisme yang menyebabkan infeksi pernapasan, salah satunya batuk kering. Selain itu bawang putih juga dapat mengobati infeksi di tenggorokan, karena bawang putih memiliki sifat antimikroba, antiviral dan antijamur.

7. Teh jahe

Selain bawang putih, ternyata jahe juga memiliki sifat antibakteri, antiviral dan antijamur yang dapat menghambat virus ketika masuk ke saluran pernapasan. Cukup dengan minum teh jahe pada saat anda mengalami batuk kering, hal ini dipercaya dapat membantu anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi yang menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

8. Makan makanan probiotik

Kekebalan imun tubuh akan berkurang ketika anda terserang batuk kering. Sehingga anda memerlukan makanan probiotik, untuk mendukung kekebalan imun tubuh anda tetap kuat. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti kimchi, susu kefir, cuka sari apel, atau teh kombucha. Meski itu bukan merupakan obat batuk kering, namun itu dapat membantu anda untuk menjaga kekebalan imun tetap kuat. Sehingga proses penyembuhan anda akan lebih cepat.

baca juga :

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini