Cara Alami Untuk Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

0
1

Kaki pecah-pecah biasanya terjadi karena kurang perawatan atau bisa juga karena kulit kering. Kondisi ini tentu membuat kita merasa tidak nyaman, bahkan kalau yang sudah parah akan terasa sakit. Kulit kering dapat menyebabkan kulit kaki mudah kepalan dan retak.

Selain itu gula darah tinggi dan sirkulasi yang buruk akibat diabetes bisa juga menjadi penyebab tumit pecah-pecah yang umum untuk kulit kaki kering. Biasanya orang yang lanjut usia juga lebih rentan mengalami kaki pecah-pecah karena faktor penuaan yang menyebabkan kulit jadi cenderung kering. Penyebab lain tumit pecah-pecah dan kering di antaranya, kekurangan vitamin, Infeksi jamur, Hipotiroidisme dan Dermatitis atopik.

Untuk pengobatannya berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dirumah.

Mengatasi kaki pecah-pecah dengan cara alami

Apabila anda mengalami kaki pecah-pecah yang sudah terlanjur parah, sebelum melakukan perawatan anda bisa mencuci kaki dengan air hangat lalu gosokkan batu apung untuk mengangkat lapisan kulit mati di kaki. Setelah itu anda bisa coba beberapa pengobatan berikut ini.

1. Pijat dengan minyak

Kaki pecah-pecah karena kulit kering perlu diberikan perawatan agar tetap lembab. Anda bisa menggunakan minyak, seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen atau minyak kelapa. Vitamin E yang terkandung dalam minyak mampu membantu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah.

Oleskan minyak pada kaki yang pecah-pecah dan pijat secara berlahan-lahan. Setelah itu bungkus kaki dengan kaos kaki dan biarkan menyerap semalaman. Lakukan ketika anda selesai mandi, minyak akan membantu melembabkan, sedangkan pijatan akan membantu merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan.

2. Lulur oatmeal

Lulur oatmeal dipercaya menyembuhkan iritasi dan peradangan kulit. Untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah gunakan oatmeal dan minyak zaitun. Caranya campurkan 1 sendok makan oatmeal dengan 1 sendok makan minyak zaitun, aduk sampai rata. Oleskan pada kaki yang pecah-pecah, biarkan selama 30 menit sampai meresap lalu bilas sampai bersih. Setelah itu anda bisa oleskan pelembab kulit. Lakukan 2 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

3. Masker alpukat pisang

Cara selanjutnya anda bisa gunakan pisang untuk membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah. Caranya sediakan 1 buah pisang yang matang dan setengah alpokat, haluskan kedua bahan tersebut dan campurkan hingga menjadi pasta. Oleskan pada kaki yang pecah-pecah dan biarkan selama 10-20 menit lalu bungkus dengan kaos kaki biarkan semalaman. Setelah maskeran bilas kaki dengan air hangat suam kuku. Lalu oleskan pelembab, lakukan 2 hari sekali. Selain itu anda juga bisa menggunakan alpukat yang dicampur dengan minyak kelapa, caranya haluskan alpukat lalu campurkan dengan minyak kelapa.

4. Petroleum jelly dan air lemon

Untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah, kita bisa gunakan pasta campuran dari petroleum jelly dan jus lemon. Caranya, rendam kaki dalam air hangat selama 20 menit lalu keringkan. Campurkan 1 sendok teh Vaseline dengan 3 sendok teh jus lemon, kemudian aduk sampai rata. Gosokkan pada kaki yang pecah-pecah, diamkan selama 1 jam. Bungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Pagi harinya, bilas bersih dengan air hangat suam kuku dan jangan lupa oleskan pelembab. Lakukan ini setiap hari agar hasil yang maksimal.

5. Masker tepung beras

Tepung beras dipercaya mampu membersihkan dan menutrisi kulit kaki sehingga kulit menjadi halus dan lembut. Caranya sediakan 3 sendok makan tepung beras, lalu tambahkan madu dan cuka sari apel aduk sampai rata seperti pasta. Anda bisa menambahkan minyak zaitun bila kaki anda pecah-pecahnya sudah parah.

Sebelum memakai masker, rendam terlebih dahulu kaki dengan air hangat selama 10 menit dan keringkan. Setelah itu oleskan pasta pada kaki sambal dipijat dengan lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati. Lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal, jangan lupa minum air putih yang banyak. Air dapat membantu mempercepat penyembuhan dan melembabkan kulit.

baca juga :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini